Rabu, 12 November 2014

MOLTEN CHOCOLATE CAKES (tanpa mixer)




Kue ini namanya macem2, ada yg menyebutnya molten chocolate cakes, molten lava cakes, lava cakes, chocolate fondant, dll. tapi intinya sama..ada coklat yg meleleh didalamnya.

Cara membuatnya juga macem2. Ada yg menggunakan mixer, ada yg pake whisker aja (sprti yg aku buat), dan selain di oven juga bisa dikukus.

Untuk menghasilkan lelehan coklatnya ada juga yg memasukkan potongan DCC ditengah2 adonan. 

Tapi aku pake resep yg menggunakan DCC yg banyak dan dipanggang dgn api besar sebentar aja, sehingga menghasilkan kue yg pinggirannya matang sedangkan tengah2nya masih cair. jd lelehan coklatnya berasal dari adonannya itu sendiri.

Untuk resep yg aku buat ini aku ambil dari blog mba Ricke, tapi cara membuatnya beda dgn mba ricke. Aku hanya menggunakan whisker aja tanpa mixer. Krn aku liat di youtube ada yg pake whisker aja. klo ada yg gampang malah lebih enak kan..hehe..emg dasar males aja ngeluarin mixer :p

Krn cake ini bukan sprti cake yg harus mengembang jd aku rasa pake whisker aja juga udah cukup..mirip2 adonan brownies panggang gitu deh.. *sotoy ;p. Tapi it works lokh...hehe..alhamdulillah.

Memanggangnya sedikit tricky, jangan over baked krn nanti ga ada lelehan coklatnya.Panggang hanya sampai bagian pinggirannya set, tapi bagian kecil ditengahnya basah dan cair. Tapi jgn terlalu basah juga ya nanti banjir lavanya jd kurang cantik. Klo dipermukaan kuenya masih basah semua teruskan memanggang. Bagian basah hanya lingkaran kecil ditengah2. 

Smoga bs dimengerti ya..untuk percobaan pertama coba panggang dulu 1 cup. Klo sudah berhasil dan sudah dapet timing yg tepat baru deh lanjutkan. Smakin kecil cupnya akan semakin cepat proses waktu memanggangnya ya..

Yang mau coba silahkan ini resepnya..
Pastinya gampang dan cepat krn no mixer needed..:)


MOLTEN CHOCOLATE CAKES

Bahan:
225 gr DCC
80 gr unsalted butter (Aku pake margarin blueband)
65 gr gula kastor
3 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla extract
45 gr tepung terigu protein sedang (misal, segitiga biru)
1/4 sdt garam (tidak perlu jika sdh menggunakan salted butter/salted margarine)

Pelengkap:
Gula halus atau gula donat untuk taburan secukupnya (optional)
Ice cream vanilla (Optional)

Cara membuat:
- panaskan oven 200°c atau otang dgn api sedang agak besar. Siapkan cup aluminium foil kecil atau ramekin yg sudah dioles margarin (boleh ditabur sedikit tepung terigu boleh jg tidak).
- tim DCC dan butter/margarin sambil diaduk hingga meleleh.angkat dan biarkan agak dingin.
- Masukkan vanilla extract dan garam (jika pake unsalted butter). Aduk rata menggunakan whisk.
- masukkan telur, aduk rata.
- masukkan gula kastor sambil diayak agar tidak menggumpal. aduk rata.
- masukkan tepung terigu sambil diayak, aduk rata.
- tuang kedalam cup aluminium foil kecil atau ramekin yg sudah dioles margarin terlebih dahulu.
- panggang dlm oven selama 8-10 menit (tergantung panas oven masing2) atau sampai bagian pinggiran cake sudah set tapi bagian kecil tengahnya masih basah.
- keluarkan dari oven, biarkan 5 menit dalam cetakan. keluarkan dan sajikan di piring saji dgn bagian atas ada dibawah, jd posisi kue terbalik.
- taburi dgn gula halus dan sajikan dgn 1 scoop ice cream vanilla biar makin nikmat! Slurrppp




Tidak ada komentar:

Posting Komentar