Jumat, 10 Oktober 2014

MACARONI SCHOTEL



Abis lebaran idul adha kmrn alhamdulillah dpt daging sapi lumayan byk krn mama ikut kurban. Jd bingung mau diapain aja tuh daging.akhirnya aku giling sbagian buat stok klo mau bikin spaghetti atau makaroni schotel atau de el el deh buat stok makanannya anak.

Kali ini aku bikin macaroni schotel aja dulu iseng2 mumpung ada daging. Biasanya mah ga mampu beli daging mahal bingits.hiks.

Ini resepnya hasil aku googling sama aku modif sendiri. belum pernah sih aku bikin yg dikasih terigu. Biasanya telor aja. Tp trnyata sama aja kok rasanya. Mungkin beda ditekstur dikit kali ya..tp ttp lembut kok. Not bad lah rasanya..anakku aja suka.aplg ada kejunya kan.tp dia mah apa juga mangap sih hahaha..tp alhamdulillah lah ga susah makannya tuh anak. Sayur en buah2an juga hayuk ajah.xixixi..

Aku pake 2 metode, dikukus dulu baru dipanggang. Sbenernya bisa aja sih langsung dipanggang. Tapi buat matenginnya lbh enak dikukus dulu baru deh dipanggang sbentar.

Okeh pemirsahh ini dia resepnyah..


MACARONI SCHOTEL

Bahan:
125gr makaroni, rebus, beri margarin atau minyak goreng sdikit aja biar ga lengket. Rebus sampai 3/4 tingkat kematangan atau jgn trlalu mateng bgt nnti benyekk alias mbleberr :p Angkat dan sisihkan.
250gr daging sapi giling
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
Margarin secukupnya untuk menumis
50 gr tepung terigu
400ml susu cair
1 buah wortel parut (optional)
100 gr keju parut atau potong dadu kecil biar lebih berasa aduhay kejunya
50 gr keju parut untuk topping
3 butir telur ayam, kocok lepas (Aku tambahin sisa putih telur dikulkas sekantong kecil)
1/2 sdt Garam atau sesuai selera
1 sdt Pala bubuk atau sesuai selera
1/2 sdt merica atau sesuai selera
Kaldu bubuk secukupnya (aku ga pake)

Bahan saus putih:
1 sdm margarin
30 gr tepung terigu
250 ml susu cair
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
- panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging sapi giling hingga berubah warna. Masukkan tepung terigu aduk cepat lalu beri susu cair, aduk sampai agak mengental. Matikan api.
- Masukkan keju, garam, lada, pala, telur, wortel parut. Aduk hingga rata.koreksi rasa. tuang kedalam loyang aluminium foil ukuran 20x20. Sisanya aku masukin aluminium foil yg cup kecil dapet 2 biji. Kukus sampai matang skitar 15-30 menit tergantung besarnya loyang.

Sementara mnunggu dikukus, kita buat saus putihnya.
- panaskan margarin
- campur terigu, susu cair, garam dan merica
- aduk2 sampai mengental. Jika terlalu kental tambahkan susu cair lagi sdikit demi sdikit sampai mendapat kekentalan yg diinginkan.

Penyelesaian:
- panaskan oven 180° Atau klo pake otang kira2 api sedang
- beri saus putih dipermukaan makaroni yang sudah dikukus lalu tabur keju parut.
- panggang sampai kuning kecoklatan. Aku pake otang skitar 30 menit sambil diputer2 posisi loyangnya karna otang panasnya ga merata. Hati2 gosong yaaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar