Minggu, 21 September 2014

MARTABAK MANIS MINI



Tadinya pengen coba bikin donat tapi kok ya males bgt ngulenin adonan donatnya..huhuu..
Mau bikin roti jg sama aja.. akhirnya bikin martabak aja deh lbh gampang tgl diaduk2 doang hihi..dasar pemalas :D

Berhubung ga punya cetakan khusus buat martabak yg gede itu jadi aku pake cetakan kue lumpur sajah..haha..pake teflon juga bisa katanya yg diameter 20. Tp aku coba pake cetakan kue lumpur aja krn mau bikin yg versi mini.

Untuk yang mau liat resep aslinya aku ambil dari sini.

MARTABAK MANIS
Source: dapurchantique.blogspot.com

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru)
15 gr susu bubuk
1/4 sdt baking powder (Aku ga pake,kelupaan,tapi ga masalah ttp berhasil mengembang)
50 gr gula pasir halus
1/4 sdt garam
300 ml air
1/2 sdt ragi instan
3 btr telur
30 gr gula pasir
3/4 sdt soda kue
25 gr margarin, lelehkan
Gula pasir secukupnya untuk taburan

Bahan topping:
sesuai selera, bisa meises mix kacang sangrai, keju, etc.. Jgn lupa pake susu kental manis biar tambah nikmat!

Cara membuat:
1. Campur terigu, susu bubuk, baking powder, gula pasir halus dan garam. Aduk rata.
2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 (aduk dengan whisk) sampai rata
3. Tambahkan ragi instan, aduk rata. Diamkan 30 menit.
4. Kocok lepas telur dan gula pasir, tuang ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata.
5. Terakhir, masukkan soda kue dan margarin leleh, aduk rata.
6. Tuang ke dalam teflon (kurleb dia 20cm) tanpa dioles mentega (Aku pake cetakan kue lumpur yg bukan dr teflon jadi cetakan aku oles tipis margarin). Biarkan mengembang sampai terbentuk pori2, lalu tabur gula dan tutup hingga matang. Gunakan api yg paling kecil saja ya. Biar ga cepet gosong dan mateng merata.
7. Angkat, lalu oles dengan mentega / margarin, lalu tabur dengan bahan isi yang disuka. belah dua, lalu tumpuk.

Notes:
Untuk mendapat pinggiran kulit martabak, pada saat menuang adonan ke cetakan agak ditekan sdikit dgn punggung sendok biar adonan berbekas dipinggiran cetakan. Jangan trlalu penuh ya biar kulit pinggirannya bisa kliatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar