Rabu, 10 September 2014

FRUIT PIE TART




Setelah coba 2 resep yg berbeda akhirnya aku berhasil bikin fruit pie pake resep yg ada di blognya mba nina.. Thanks a lot ya mba.. :)
Fruit pie percobaan pertama aku gagal..pie crustnya ancurr..terlalu sdikit adonannya dan terlalu rapuh..jadilah berhasil hancur..
Tapi aku ngga putus asa.aku coba lagi pake resep lain..dan berhasil..aku juga intip youtubenya joy of baking. Tips2nya amat sangat helpful.

Ini dia resepnya ya.aku hanya pake 1/2 resep aja utk loyang diameter 22.

FRUIT PIE

Bahan:
250 gr terigu serbaguna
150 gr butter / margarin
50 gr gula kastor
2 kuning telur
1/4 sdt vanilli

Topping :
Aneka buah sesuai selera

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih (aku campur dengan agar2 jelly plain biar ada kesan glossy)
100 ml air
1 sdt gula (didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara Membuat:
Campurkan margarin / butter, terigu, gula dan vanilli, aduk hingga berbutir-butir menggunakan pisau pastry (kalau tidak ada bisa memakai centong nasi atau 2 buah pisau).
Tambahkan kuning telur, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.
Bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
Oles loyang pie diameter 22cm dengan margarin, lalu cetak adonan pie di dalamnya. Tusuk-tusuk memakai garpu di seluruh permukaannya agar tidak melembung ketika dioven (bisa juga dengan meletakkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang dialasi kertas roti di tengah-tengah adonan pie).
Oven 180'C selama kurang lebih 20 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga kering dan matang.Angkat dan dinginkan.

VLA VANILLA
Bahan:
250 ml susu segar
50 gr gula kastor
3 kuning telur
15 gr tepung custard (sebaiknya 20-25gr agar hasil vla lebih kental dan mudah dipotong)
1/2 sdt vanilla

Cara Membuat:
Campur tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata kemudian tambahkan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata.Didihkan susu dan gula kastor, masukkan campuran tepung custard tadi, aduk cepat dan masak hingga mendidih kembali.Masukkan vanilla, aduk rata.Angkat dan dinginkan.

Penyelesaian:
Keluarkan pie dari loyangnya, penuhi permukaannya dengan vla vanilla.Hias dengan topping buah dan siram perlahan dengan bahan siraman.





Notes:
- setelah pie crust matang, aku oles bagian dasar pie crust dgn 1 putih telur yg telah dikocok asal dgn whisker atau garpu saja. Gunanya supaya membantu pie crust kokoh tdk mudah hancur atau pecah. (source: joy of baking) ==>lebih enak lagi klo dasar kulit pie dioles DCC atau WCC yg telah dilelehkan.agar kulit pie ttp garing ktika sudah disiram dgn vla.
- Dalam mencetak adonan pie crust aku contek di youtube joy of baking yaitu dgn cara ditekan2 menggunakan jari tangan saja sampai merata.
- untuk melepas alas loyang aku menggunakan pisau kue yg panjang. Aku kikis pelan2 sampai pie crust bisa lepas dr alas loyang.hati2 hancur ya..

Untuk lebih jelasnya bisa diliat di youtube joy of baking ya caranya bikin pie crust.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar